Perawatan Harian Burung Kolibri Supaya Burung Tetap Sehat - d-ii

Perawatan Harian Burung Kolibri Supaya Burung Tetap Sehat

Perawatan Burung Kolibri Supaya Burung Tetap Sehat


Ingin tau yah Perawatan Harian burung kolibri ? Burung Kolibri ini merupakan burung yang kecil dan unik, tak kalah unik nya dengan burung yang lain nya
mungkin kalo kita baru mengenal burung ini pasti kebingungan dalam memberi pakan nya soalnya burung kolibri merupakan burung madu dimana suka sekali dengan yang manis - manis

Burung ini juga termasuk bisa untuk di ikutkan dalam perlombaan akan tetapi untuk jenis tertentu saja yang boleh diikutkan tidak semua burung kolibri bisa di lombakan
yang sering dilombakan biasanya itu yang bernama burung Kolibri Raja atau sering disebut para pemain burung (kolibri ninja) yaitu yang berbentuk item kecil dan mengkilap untuk dibagian sayap dan kepalanya serta terdapat warna merah dibagian dada nya
ohy selain itu untuk warna bagian dada yang berwarna merah itu bisa berubah menjadi warna coklat, burung kolibri / konin ini akan berganti warna coklat untuk dibagian dada nya apa bila sudah dalam perawatan manusia, karena perbedaan pola makan nya yang menjadikan perubahan warna itu
Untuk soal harga nya dari burung kolibri akan sedikit mahal yang dada berwarna coklat ,kata pecinta burung sudah terawat atau (sudah berganti bulu) dan tentunya burung itu sudah berumur
perlu diketahui bahwa burung kolibri semaik berumur maka akan semakin bagus mentalnya, meskipun tidak semuanya bagus namun rata - rata seperti itu yah,,,

sekarang bagaimana perawatan burung kolibri ? berikut :
1.Memperhatikan Pola Pakan nya


Dalam melakukan perawatan terutama adalah pemberian pakan nya, burung kolibri ini merupakan burung rawan terhadap kondisinya apa lagi untuk burung yang baru atau (baru beli) itu harus diperhatikan secara benar agar mendapatkan nilai yang bagus dari bapak dan ibu guru,,
Burung kolibri suka kita berikan madu namun kalo kita memberikan madu dalam setiap hari nya maka tidak baik untuk menjaga kesehatan nya, madu itu panas untuk burung kalo dilakukan setiap hari nya maka akan rontok bulu nya, jadi untuk pemberian yang tepat dalam pola makan nya seperti pada gambar kita menggunakan Nektar untuk perawatan dalam keseharian nya
Nektar merupakan Racikan yang sudah terdapat banyak campuran nya dan sudah lengkap untuk diberikan ke burung kolibri itu
Selain dengan Nektar kita juga harus memberikan (keroto) kita selingi dengan itu untuk menjaga kestabilan tubuh agar tetap sehat dan 5 sempurna
kalo didalam kehidupan manusia kita makan CFC kan seneng donk, nah burung juga sama pasti akan senang kalo kita selingkan dengan pakan keroto, dan untuk pemberian kerotonya bisa diberikan 2 hari sekali atau setiap hari tidak apa apa akan lebih bagus, namun jang terlalu kebanyakan cukup satu cepuk kecil dalam seharinya
ohy kalo untuk penyimpanan pakan nya kita masukan kedalam kulkas saja agar selalu segar yah dan baik untuk kesehatan nya,

2.Pengembunan


Selain mengatur pakan kita juga harus melakukan pengembunan agar burung kolibri itu berasa seperti ditempat alam aslinya dan mendapatkan udara yang segar untuk dipagi hari nya
Tapi untuk pengembunan nya jangan seperti gambar diatas yah, terlalu tinggi,,, wkwk kita gantungkan yang deket saja
Pengembunan pagi Itu akan membuat burung itu cepat berbunyi dan semakin aktif, sehat dan sempurna, sebaiknya sebelum matahari muncul atau sekitar jam 5.30 sudah berada diluar agar dia bisa mendapatkan udara pagi dan terkena embun sejuk dipagi hari
hal ini juga dikategorikan kata pecinta burung untuk melatih burung itu agar cepat bunyi dan mempunyai mental yang bagus, karena setiap harinya selalu mendapatkan embun pagi yang sejuk maka akan menjadikan burung itu aktif dan berbunyi

3.Memandikan Burung


Burung itu juga mandi sama seperti kita sebaiknya kalo kita merawat untuk lebih bagus apa lagi untuk dilombakan sebaiknya mandikan dengan secara rutin, dengan cara kita memberikan cepuk atau tempat mandi yang berisi air bersih, setelah kita memberikan nya maka akan mandi sendiri
Untuk memandikan nya lebih baik biarkan burung itu mandi sendiri dengan kita memberikan cepuk tadi kedalam sangkar nya, burung kolibri suka mandi sendiri kok, bisa dicoba berikan pasti akan mandi tapi inget tidak boleh dikasih sampo itu baha kan,wk
Untuk pemandian burung itu agar lebih baik dalam keseharian nya lakukan pagi setelah kita embunkan dan sore hari sebelum kita memasukan nya, agar bisa tidur dengan nyenyak karena burung sudah mandi dan fresh

4.Penjemuran


Burung juga memerukan penjemuran ,kita jemur pagi pas ada sinar matahari untuk mendapatkan sinar yang baik dipagi hari, namun kalo untuk burung kolibri ini tidak usah terlalu lama dalam penjemuran nya
kita jemur kira kira 30 sampai 50 menit saja dalam penjemuran nya kemudian pada saat jemur kita ambil semua tempat pakan yang ada didalam nya
kalo penjemuran sambil makan itu tidak baik untuk kesehatan nya, kita terlebih dahulu diambil seteah kita selesai melakukan penjemuran kita pindahkan ke tempat dulu  yang adem (tidak panas) tunggu dulu beberapa menit biar terkena angin habis itu kemudian kita masukan kembali pakan nya bila perlu pakan kita gantikan dengan yang baru, jangan pakan kemarin kita masukan lagi

5.Pembersihan Sangkar


Merawat burung itu harus rajin dalam membersihkan sangkar burung tersebut, kita bersihkan agar kotoran nya hilang biar kondisinya tetap terjaga, selain itukan kalo rajin akan memberikan pemandangan yang bagus dan baik dalam kesehatan nya
kita bersihkan semuanya lalu kita ganti juga minuman nya serta pakan nya agar mendapatkan yang baru untuk burung kolibri itu merasakan senang ,kemudian sehabis selesai maka tinggal gantung kan sesuai selera kita dan dengarkan suara merdunya atau nyanyian nya
Burung itu akan terasa senang dan lebih cepat berbunyi kalo sangkar nya rajin kita bersihkan jadi jangan malas untuk membersihkan nya bia perlu kita membersihkan untuk setiap harinya termasuk mengganti pakan burung kolibri itu

6.Pemberian Susu


Jangan lupa juga untuk memberikan susu ibu untuk burung kolibri nya, wkwk kita harus sekali kali memberikan susu didalam cepuk terpisah untuk burung itu kita selingkan saja misalkan dalam satu minggu 1x atau 2x karena akan bikin dia kuat dan sehat tetap aktif dan bersemangat
Susu itu bagus buat kesehatan nya jadi kita jangan lupa sekali kali memberikan susu untuk burung kolibri nya

7.Power Konin


Power konin merupakan pakan kolibri juga namun ini digunakan pada saat akan dilombakan, kata pecinta burung 3 hari atau 1 minggu sebelum dilombakan maka pemberian pakan dengan power konin, pakan ini bisa bikin suara lebih keras untuk kolibri, sama seperti Nektar cuman untuk power konin akan sedikit bagus dan mahal untuk pakan kolibri itu, namun power konin tidak untuk buat pakan harian tidak baik, untuk harian nya kita berikan Pakan Nektar dan Untuk satu minggu sebelum dilombakan Pakan Power Konin ,jadi kesimpulan nya power konin untuk pakan pada saat sebeum melakukan perlombaan apa bila burung itu akan dilombakan

8.Penutup Sangkar


Jangan lupa juga pada saat tidur kita berikan penutup sangkar nya agar tidak ada gangguan dari yang lain nya, agar bisa beristirahat dengan sempurna kemudian saat kita buka pagi hari nya akan terasa sehat dan sempurna
Kita bisa membeli ditoko untuk penutup sangkar atau (selimut sangkar) banyak kok yang jual tinggal kita beli saja, jangan sekali kali memakai penutup sangkar dengan kain pakaian dalam punya wanita ,wkwk nanti bisa kelepek kelepek deh, apa lagi burung itu Jantan, wah bisa bahaya donk

Nah itu saja untuk perawatan burung kolibri agar bisa terawat dengan baik dan bisa ikut dalam kontes serta menjaga kesehatan nya agar tetap terjaga dan sehat 5 sempurna "Inspirasi"

Author:

#

Artikel Menarik Banget ? d-ii , Suka...

Scroll to top