Tips Cara Memilih Burung Agar Mendapatkan Burung Yang Bagus - d-ii

Tips Cara Memilih Burung Agar Mendapatkan Burung Yang Bagus

Tips Cara Memilih Burung Agar Mendapatkan Burung Yang Bagus



Dalam Memilih burung agar mendapatkan burung yang bagus dan berkualitas itu memang pertama yang harus kita dilakukan untuk mendapatkan burung yang berkualitas
Menurut www dalam memilih burung itu tidak terlalu sulit sih? kita bisa kok mendapatkan burung yang bagus dimana kita bisa menilai dari burung itu sendiri, selain itu bahwa burung kan juga termasuk mudah untuk kita kenal karakter nya bisa kita nilai dari gerakan, postur dan suara nya

Terus bagaimana untuk perawatan Burung agar mendapatkan yang bagus?
Nah artikel ini akan membahas tentang burung terutama dalam pertama melakukan pemilihan burung, Burung kan merupakan salah satu inspirasi buat pemandangan dan buat hiasan rumah juga bahkan bisa dilombakan untuk para master burung kicau

Itulah pentingnya melakukan pemilihan agar bisa mendapatkan burung yang bagus dan agar mudah beradaptasi serta bisa diikutkan dalam kontes apa bila ingin dilombakan, nah seperti apa langsung saja Sebagai Berikut :

1.Kita harus membeli dari hasil Penangkaran (peternak)
Maksudnya disini adalah kita lebih mudah untuk mendapatkan burung yang berkualitas bagus dan akan lebih mudah untuk kita ajak beradaptasi, dibandingkan dengan seperti dipasar burung bebas, selain itu juga kalo membeli dipenangkaran perawatanya akan kita ketahui dari sang pemilik Burung tersebut
Jadi kita tinggal meneruskan saja pola perawatan dan makan nya dalam keseharian nya akan lebih mudah untuk merawat burung yang kita beli tinggal meneruskan nya saja

2.Memilih burung yang sudah mengeluarkan bersuara
Kok suara sih, emang burung berbicara yah ? tidak,,, maksudnya jika kita akan memilih burung yang bagus sebaiknya dengarkan dulu dari suara burung tersebut, jika mengeluarkan bunyi dan pas bunyi itu deket sama keramaian itu menandakan burung itu dengan mental yang bagus dan pemberani
Kalo dalam pemilihan burung itu mendengarkan suara paling utama dilakukan karena kan itu yang diinginkan dari pecinta burung, kalo burung itu tidak mengeluarkan suara sama saja kita membeli mainan burung dong yang tidak ada suaranya
Selain itu disaat kita membeli burung yang sudah mau mengeuarkan suara nanti kita akan mudah dalam melakukan perawatan nya karena kita sudah meihat burung itu mau bersuara apa lagi ditempat yang ramai maka menandakan mental yang bagus

3.Memperhatikan postur tubuh dan gerakan burung
Pastikan untuk mendapatkan burung yang berkualitas bagus tinggi burung itu tidak kurang dari 170 meter,,,wkwk
Iya memang dalam postur dan gerakan burung berpengaruh sekali dalam kualitas burung itu, Postur yang bagus sering disebut namanya Fighter yang artinya Gagah Perkasa, hem dan kemudian melihat gerakan dari burung itu , perhatikan gerakan dari burung itu kalo gerakan nya cuman kekiri dan kekanan itu tidak bagus, sebaiknya memilih yang banyak gerakan nya seperti kedepan kebelakang dan keatas kebawah
Ada cerita bahwa burung yang sehat merupakan burung yang aktif atau selalu bergerak jadi usahakan jangan memilih burung yang pendiem apa lagi cuman diem ditempat tidak bagus, apa lagi jika untuk dilombakan pasti tidak akan menang kalo burung itu diem kan?

4.Memilih warna burung yang bagus
Warna merupakan salah satu ciri burung yang bagus dan berkualitas adalah dengan memilih warna yang Teges (cerah) pilih burung dengan warna mengkilau dan jangan memilih warna burung yang kusam keliatan jarang dimandiin kalo kusam kan
Apa lagi burung itu kusam pasti jarang memakai minyak wangi , huh Burung yang bagus itu memiliki warna yang cerah dan bagus juga selain menandakan sehat juga menandakan burung itu terawat oleh sang pemilik nya

5.Memilih Burung Dengan Bulu Yang Utuh
Selanjutnya pilihlah burung dengan Bulu yang Utuh atau Rapi karena dengan kondisi burung yang berbulu rapi maka sudah pasti burung itu terawat oleh pemiliknya dan jangan memilih burung yang tidak rapi, apa lagi sayapnya cuman sebelah saja dan sebelahnya tidak ada, wah bagaimana bisa?
Selain burung bagus dengan bulu yang rapi juga pastinya burung itu akan terlihat ganteng dan cepat berbunyi karena dengan kondisi burung itu tidak sedang mabung (kata orang burung) mabung itu artinya burung sedang berganti pakaian (maksudnya bulu) kan kalo sedang mabung maka akan jadi malas untuk beraktifitas

6.Memperhatikan Dari Harga Burung
Sebaiknya melihat harga nya, jika ada yang menawarkan burung murai batu yang terlalu murah itu jangan langsung dibelinya, karena burung ini merupakan burung sedikit mahal jadi ada pertanyaan dibalik murahnya burung itu?
Alangkah sebaiknya dalam memilih harga burung murai batu dengan melihat kuaitas burung itu sendiri jadi tidak terlalu termahalan dan juga tidak terlalu murah dengan memperhatikan burungnya

7.Memperhatikan Kondisi Burung
Iyapsss ,, burung itu harus dilihat kondisinya dari mulai atas sampai bawah ada apa tidak terdapat kekurangan dari burung itu sendiri, kalo kita ingin mendapatkan burung yang berkualitas maka kita harus teliti dalam memilih burung
Nah diatas kenapa menyarankan untuk membeli dipeternakan karena sudah pasti terawat dan hasil penangkaran jadi untuk perawatan nya sudah pasti terjaga
Kemudian kita melihat kondisinya apa sedang sakit atau tidak burung itu, kita bisa melihat dari pola gerakan dan nafsu makan nya, kalo burung itu aktif dan makan nya banyak itu menandakan burung itu sehat, sebaiknya piih burung yang suka makan karena akan lebih sehat dibandingkan dengan burung yang pola makan nya tidak ada nafsunya itu akan membikin kita was was setelah kita beli

8.Memperhatikan Suaranya
Selanjutnya kita memperhatikan suaranya kao burung itu bagus maka burung itu bersuara keras, dalam pemiihan burung berkualitas itu merupakan burung yang mempunyai suara keras, lebih keras ebih baik bila peru suara itu terdengar sampai 10 kilometer (bagus sekali) pasti cepat juara kalo dilombakan karena dengan suara yang keras akan bikin burung lain nya takut di perlombaan kan
Untuk dunia perlombaan itu berpengaruh sekali burung yang mempunyai suara keras akan memberikan nilai (+) bagi burung yang mempunyai suara lebih keras jadi pilih dan dengarkan burung yang mempunyai suara lebih keras

9.Mempunyai suara bunyi bervariasi
Burung yang berkuaitas selain memiiki suara yang keras , burung yang mempunyai suara bervariasi atau banyak juga masuk dalam kategori burung yang bagus dan berkualitas, semakin bisa mencontek nyanyian burung lain maka akan semakin bagus kulaitas burung itu
Apa lagi kalo burung itu sampai bisa menirukan suara kita, wah akan lebih bagus lagi kualitas nya, ya kan? Jadi pilih dan melihat variasi dari suara burung itu sebaiknya untuk memilih yang banyak menirukan suara burung lain
Kalo sudah mempunyai suara variasi yang banyak maka kita akan lebih mudah daam perawatan nya dan tidak repot dalam pemasteran nya, seringkan kalo ada burung yang kita dekatkan dengan mp3 suara burung lain agar menirukan nya, biasanya burung ini untuk burung yang sering di ikut dilombakan nah maka dari itulah saat kita pertama kali akan membeli burung maka lebih baik kita memilih yang sudah mempunyai suara bervariasi jadi tinggal meneruskan saja

10.Memilih burung yang tidak Salto (lompat jungkir balik)
Burung kalo melakukan jungkir balik itu burung tidak bagus untuk kita beli, maka jangan memilihnya, dari gerakan itu maka akan mengurangi nilai (+) baik itu dalam perlombaan ataupun dalam keseharian nya, kita pernah meihatkan burung yang jungkir balik (salto) kayak main bola,
Sebaiknya memilih yang aktif gerakan tapi jangan yang salto yah, tidak bagus dan tidak berkualitas memberikan nilai (-) untuk burung kita




Nah itu saja dalam memilih burung yang bagus dan berkualitas agar bisa mendapatkan burung yang bagus dan profesional dan serta bisa di ikutkan dalam perlombaan "Inspirasi"


Tips Cara Memilih Burung Agar Mendapatkan Burung Yang Bagus

Author:

#

Artikel Menarik Banget ? d-ii , Suka...

Scroll to top