Cara Berinteraksi Menggunakan Media Sosial Dengan Aman - d-ii

Cara Berinteraksi Menggunakan Media Sosial Dengan Aman

Cara Berinteraksi Menggunakan Media Sosial Dengan Aman


Berinteraksi di Intenet itu memang sangat menyenangkan termasuk Media Sosial, siapa yang tidak mengenal media sosial baik itu dari anak-anak,remaja atau dewasa bahkan sampai yang tua
Sebenernya kalo kita bisa Menggunakan Media Sosial dengan semestinya yang harus digunakan, maka akan aman didalam berinteraksi menggunakan media sosial , karena Media Sosial merupakan media yang bermanfaat bagi kita termasuk bagi saya pribadi yang suka berinteraksi dan berkomunikasi melalui internet ketika sedang jarak jauh baik itu dengan keluarga atau bersosial dengan yang lain, selama kita menggunakan media sosial atau Internet dengan baik itu tidak akan menjadikan masalah bagi diri sendiri atau pun bagi orang lain

Namun terkadang seseorang menyalah gunakan dalam menggunakan media sosial yang akan menimbulkan tindakan kejahatan atau tindakan yang bisa saja melanggar hukum dan merugikan diri sendiri, tinggalkanlah dari tindakan yang seperti itu dan jadilah pengguna dengan kepribadian yang baik supaya bisa bermanfaat dan tentunya aman bagi kita untuk menggunakan media sosial
Dalam pertama kali supaya agar terhindar dari tindakan-tindakan yang negative dan pastinya berpikirlah dengan hal-hal yang positif dalam menggunakan atau berinteraksi dengan media sosial, sebelum kita menggunakannya agar bisa menggunakannya dengan baik

Cara Berinteraksi Menggunakan Media Sosial Dengan Aman Sebagai Berikut :
Memperhatikan keamanan yang menyangkut data - data pribadi
Keamanan suatu data pribadi perlu diperhatikan apa bila jatuh keorang jahat maka akan merugikan diri kita sendiri, contohnya seperti Password akun Media Sosial atau Password data-data lainnya yang bersifat pribadi, memperhatikan keamanan data-data pribadi bertujuan untuk menjaga keamanan data-data milik kita sendiri yang bersifat pribadi agar tidak jatuh ketangan orang yang jahat
Mungkin sudah pernah mendengarkan bahwa sering terjadi pembobolan password atau akun kita dibajak sama orang lain, kalo sudah seperti itu maka data kita akan diambil alih oleh orang tersebut, jadi pertama kali supaya kita bisa memperhatikan keamanan mengenai data pribadi kita sendiri dalam menggunakan media sosial supaya tetap aman dan selalu terjaga

Tidak perlu berlebihan dalam Upload gambar seperti gambar yang telalu terbuka
Mungkin kita pernah kan melihat gambar atau foto yang wow gitu, bahkan ada juga lo yang baru selesai mandi belum memakai baju masih sempet aja di foto lalu di upload, Terkadang karna terlalu eksis tanpa disadari Upload foto yang tidak wajar,  seperti ketika sedang bermesraan, ciuman, buka-bukaan dan sebagainya yang mengandung unsur negative, Sesungguhnya dengan melakukan tindakan yang negatif seperti ini bisa membahayakan diri kita sendiri

Example :
Karena melihat foto atau gambar yang terlalu terbuka tentang kepribadiaannya maka bisa saja menimbulkan hawa Nafsu yang akan membahayakan diri sendiri, jika bertemu dengan pengguna media social yang tidak baik maka akan memanfaatkan media sosial sebagai jalan untuk berkenalan dengan orang yang suka upload foto yang tidak wajar
bisa saja untuk merayu dengan cara memasukan foto yang cakep atau cantik milik orang lain supaya bisa menarik perhatian untuk bisa berkenalan dan berkencan dengan orang Upload foto yang terlalu terbuka, Selain itu juga dapat mengakibatkan adanya tindakan perselingkuhan yang bisa membahayakan diri kita sendiri, maka dari itulah memperhatikan dalam upload gambar atau video

Meskipun foto atau video bukan milik kita sendiri sebaiknya kalo mengandung unsur negative tidak usah di Upload karena bisa saja hukuman akan menimpa kita karena menyebarkan informasi yang mengandung unsur negative, jadi jangan sampe deh kita cumin gara-gara Upload Video negative jadi terkena hukuman

Jangan terlalu mempercayai orang yang belum kita kenal
Peristiwa kejahatan itu ada dimana-mana termasuk didalam media sosial, untuk itu sangat dianjurkan agar tetap berhati-hati dalam bermain media sosial terutama jangan terlalu mempercayai orang yang belum kita kenal atau baru dikenal
Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya tindakan kejahatan karena sudah terdapat berita seperti penculikan, pemerkosaan, pembunuhan atau lainnya, maka dari itu untuk keamanan diri kita sendiri selalu waspada dan jangan terlalu mempercayai orang yang belumm kita kenal bertujuan untuk menghindari tindakan kejahatan
Terkadang dengan berteman kita melebihi batas yang artinya main kenal sana – sini tanpa memperhatikan kebaikan atau kejelasan dari orang itu, bahkan mungkin karena kepercayaan yang berlebihan sampai mau diajak bertemu tanpa menghiraukan keamanan diri kita sendiri
Apa bila bertemu dengan orang yang baik kemungkinan tidak ada masalah namun apa bila bertemu dengan orang yang jahat itu akan membahayakan dan merugikan diri kita sendiri, terkadang dalam merayu seseorang akan terlihat baik pada saat berinteraksi di media sosial namun berbeda pada saat dijumpai, nah disinilah yang menibulkan bahaya kepada diri kita sendiri, maka dianjurkan supaya tetap memperhatikan orang yang baru dikenal atau belum kita kenal

Hindari sifat pemarah dalam berinteraksi dimedia sosial
Dengan menggunakan media sosial juga harus memperhatikan dalam meluangkan kemarahan melalui media sosial yang secara belebihan, seperti menghina orang atau menjelekan penegak hukum bahkan mempostingkan berita yang belum tau tentang kebenarannya
Terkadang dengan menggunakan media sosia melupakan tindakan kebaikan sehingga akan mempostingkan suatu postingan yang berisi ejekan atau cacian yang merugikan orang lain, hal semacam ini sangat tidak diperbolehkan dalam berinteraksi di media sosial karena bisa melanggar undang-undang yang berlaku, maka dari itu harus menghindari sifat pemarah dalam berinteraksi di media sosial
Menggunakan media sosial bukan untuk hal-hal yang negatif yang bisa merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain, salah satunya untuk mengungkapkan kemarahan kepada seseorang atau mencaci seseorang, itu akan menimbulkan efek tindakan salah dalam menggunakan media sosial bahkan bisa dikenakan hukuman karena ulah dari diri kita sendiri
Buat apa sih marah-marah yang gak ada artinya, dari pada marah mendingan tersenyum karena dengan senyum bisa bikin suasana yang menyenangkan tentunya dalam berinteraksi dengan menggunakan media sosial 

Memperhatikan dalam membagikan postingan atau informasi milik orang lain
Salah satu tersebarnya dengan secara meningkat adalah terutama yang membagikan suatu informasi yang belum tau tentang kebenarannya, Supaya menghindari tersebarnya berita atau informasi yang belum tentu benar maka dari itu memperhatikan dalam membagikan suatu informasi yang akan dibagikan ke beranda milik kita
Sebaiknya kalo ingin mempublikasikan postingan yang mengandung unsur Positive atau tidak merugikan orang lain, kita bisa bikin postingan seperti lucu-lucuan, diary pribadi, pembelajaran atau suatu pengetahuan, yang pada intinya tidak ada unsure negative dalam mempublikasikan postingan saat bermain di media sosial jadi akan tetap aman – aman saja pastinya

Dilarang menuliskan atau mempostingkan suatu informasi yang belum tentu benar
Kemajuan teknologi bukan untuk disalah gunakan seperti memposting yang dapat menyebabkan berita bohong, Terkadang dengan rasa senang bermain media sosial melupakan segalanya bahkan sampai menyebar berita postingan yang tidak jelas yang dapat menfitnah orang lain atau merugikan orang lain

Menghindari tindakan-tindakan kejahatan atau penipuhan 
Nah ada lagi yang harus diwaspadai yaitu tindakan kejahatan seperti penipuhan, namanya saja manusia jahat pasti menggunakan segala media untuk berbuat kejahatan, Seseorang yang jahat serta tindakan penipuhan bisa beraksi dimana - mana, sebagai seorang yang pintar pasti bisa dong memperhatikan mana pengguna yang jahat dan mana pengguna yang baik, supaya terhindar dari tindakan kejahatan dan juga terhindar dan tindakan adanya penipuhan supaya tetap aman – aman saja dalam berinteraksi dan berbagi cerita

Gunakan media sosial untuk tindakan yang baik dan hilangkan sifat-sifat yang Negatif
Media sosial untuk mempermudah dalam berkomunikasi atau bersosialisai atau bercerita menuliskan suatu artikel postingan yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan juga bermanfaat untuk pengguna lain, baik itu dari sisi pengalaman, bisnis, kepintaran atau bahkan curhatan, sehingga tidak menimbulkan kerugian atau tindakan yang bersifat kesalahan yang merugikan diri kita sendiri, apa bila menggunakan dengan benar maka ketika dibaca akan menjadi bahan pembelajaran yang bisa menambah wawasan atau pengetahuan yang bersifat tidak menyalah gunakan media sosial
Selain itu Media Sosial juga mempermudah kita untuk berkomunikasi seperti berhubungan dengan keluarga, teman atau bahkan pacar sendiri, ketika jarak jauh supaya mudah dalam berkomunikasi, kesimpulannya gunakan media sosial dengan baik jika memiliki seorang adek diajarkan dalam berinteraksi di dunia media sosial agar terhindar dari tindakan yang salah dan terhindar dari tindakan-tindakan yang jahat yang menyalahgunakan media sosial yang merugikan diri kita sendiri,

Manusia memang tidak lepas dari kesalahan, namun setidaknya kita bisa mendekati kebenaran yang bertujuan agar bisa berinteraksi di internet termasuk media sosial dengan aman untuk menggunakannya “semoga bermanfaat”

Author:

#

Artikel Menarik Banget ? d-ii , Suka...

Scroll to top